Tool Pemeriksa Status Server Online

Alat Bantu SEO

Pemeriksa Status Server

Masukkan hingga 100 URL (Masing-masing URL harus berada pada baris yang berbeda)



Tentang Pemeriksa Status Server

Tool Pemeriksa Status Server Online adalah sebuah tool yang dirancang untuk memeriksa uptime server sehingga anda akan tahu apakah sebuah server sedang online atau sedang down, dengan tool ini anda bisa mendapatkan informasi tentang kode http, response time dan status server (online/offline).

Mengapa Harus Menggunakan Tool Pemeriksa Status Server Online

Seorang webmaster harus mengecek website mereka secara berkala, hal ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan server dimana website mereka berada, bayangkan jika server anda sedang down dan anda tidak mengetahuinya karena anda tidak sedang login ke server anda, sayang sekali banyak visitor yang terbengkalai, terlebih ketika anda mengelola server sendiri seperti VPS dan Private Server.

Robot search Engine akan memberikan laporan bahwa website anda sedang down kepada Search Engine, hal ini berdampak buruk sekali ketika anda tidak segera membenahi server anda, bahkan yang lebih buruk dampaknya ketika Search Engine menurunkan peringkat website anda pada pencarian karena website anda sedang offline.

Pengunjung yang kecewa terhadap layanan website anda akibat server anda sedang down tentunya membawa pengaruh psikologi sehingga menimbulkan rasa malas untuk berkunjung kembali ke website anda, tentunya anda akan kehilangan repeated visitor.

Penyebab Server Sering Down

Jika website anda ada pada Shared Hosting, tentunya ini menjadi tanggung jawab dari penyedia hosting tersebut, namun jika anda mengelola sendiri server anda dari VPS maupun Private Server, berikut beberapa hal yang sering membuat server anda down dan website anda tidak bisa di akses:

Crash pada Database

Jika terjadi Crash pada Database yang ditunjukkan oleh warning "Database Error Connection" atau "Connection to Database cannot be Established" atau kalimat semisal yang menyebutkan error pada Database, berarti database anda sedang bermasalah, cobalah restart database anda dan perbaiki table pada database jika diperlukan. Kesalahan input user dan password pada konfigurasi website juga bisa menjadi penyebab error saat koneksi ke database.

Penggunaan Resource Yang Berlebih

Setiap server memiliki keterbatasan pada resource seperti RAM, IO, Node, CPU dan Harddisc, semua itu tergantung dari paket yang anda pilih saat membeli hosting, banyak script website yang boros resource, sehingga akan memakan semua resource yang di alokasikan untuk akun hosting anda, akibatnya server anda tidak kuat dan akan mengakibatkan server down.

Ada kalanya anda merasa tidak menaruh file ukuran besar pada website anda namun harddisc anda penuh, ini sering diakibatkan oleh Auto Backup dan Error Log, pengalaman kami pernah mendapati error log hingga 20 GB karena kesalahan pada script tertentu, bersihkan error log secara berkala dan pindahkan Backup website anda ke harddisc laptop anda, atau anda sewa VPS lain untuk storage.

Jika memang script anda membutuhkan resource yang tinggi atau memang website anda memiliki pengunjung yang sangat banyak, maka anda harus berfikir untuk menaikkan / upgrade hosting anda dengan demikian anda akan mendapatkan tambahan resource.

Hosting Suspended

Bisa jadi server anda sedang di suspend oleh pihak hosting karena pelanggaran T&C mereka, jika ini masalahnya, coba diskusikan dengan pihak server mengenai langkah-langkah berikutnya yang bisa ditempuh agar server anda kembali normal, pertimbangkan untuk pindah hosting jika memang tidak bisa diambil jalan win-win solution bagi kedua belah pihak.

Serangan Cyber Attack

Kejahatan di dunia internet sangat banyak, bisa jadi server anda sedang terserang virus atau hacker yang sengaja ingin merusak server anda, gunakan Pemeriksa Google Malware kami untuk memeriksa adanya malware pada website anda.

Jika website anda terjangkit malware maka konsultasikan pada expert dibidangnya, lakukan Backup website secara berkala sehingga ketika terjadi serangan cyber attack pada website anda dan anda tidak mampu untuk menanganinya anda bisa langsung destroy server anda dan install ulang website anda dari backup.